History of SPAO

Standar


“If there’s ZARA for Spain, UNIQLO for Japan and GAP for America, then there is SPAO for Korea.”

Tepatnya sekitar bulan July 2009, E. Land Group bekerja sama dengan SM meluncurkan merk clothing terbaru mereka yaitu SPAO. Dengan system patungan bisnis antara E-Land dan SM , masing – masing sebesar E-Land 51%, SM 49% Park Seungkyung meluncurkan clothing line “So Nyuh Shi Dae line” & “Super Junior line”.

Dan inilah bisnis pertama SME di luar musik tentunya, yang bergerak di bidang fashion dan clothing line. Dan demi SPAO, SM sepertinya memiliki keyakinan penuh bahwa bisnis ini bakalan sukses karena mereka berani ambil resiko dengan mengucurkan modal hampir setengahnya.

Untuk Superjunior-line sendiri, foto pertama sudah dirilis jauh – jauh hari secara non-official oleh Yesung. Dia memajang foto dirinya dalam balutan busana SPAO dan langsung direspon cepat oleh para netter tentang pembukaan butik pertamanya di kawasan Myeong-Dong .

Dengan memasang duo  idol group terkenal ditambah promosi yang gencar, Park Seungkyung bersama SM tentunya, sudah membuat target  membuka 5 butik dan profit sebesar 15.000.000.000 di kuartal pertama tahun ini. Dengan harga yang telah dipatok berkisar 9900 won untuk t-shirt ( Rp. 81000), kemeja ( 200.000 ) sweater dan denim ( 250.000 ) harga ini disebut – sebut jauh lebih murah 20% dari UNIQLO~Jp.

Gedung SPAO terdiri dari 4 lantai. Lantai satu pada umumnya berisi berisi T-shirt perempuan dan laki-laki, biasanya dilantai ini harga’na murah meriah dan banyak diskonnya. Ada yang harganya 7000 won malah, klo dirupiahin sekitar 56.000. Dilantai dua khusus buat kaum wanita. Isinya lengkap, mulai dari tank top, kaos, celana, rok-rok lucu sampe jaket. Poster SNSD bertebaran di lantai ini, yang paling sering ada itu gambarnya seohyun sama yoona. Dilantai tiga segala macam berbau “Namja”, Bajunya bagus-bagus tapi harganya…MAHAL-MAHAL. Poster-poster Suju bertebaran dilantai ini, cuma kebanyakan gambarnya si Siwon. Dan dilantai empat adalah ruang everysing, sebuah ruangan yang menjual macem-macem merchandise Super Junior, SNSD sama SHINee dan beberapa barang DBSK juga ada. Ini official loh, langsung dari SMEnt! Merchandise disini terbilang lengkap banget album, poster, pencil case, pembatas file, postcard, foto-foto, map, dll.

Dan hingga 2012 nanti, entah apa terlalu berlebihan atau memang memiliki keyakinan penuh bahwa , dengan image jual SJ dan SNSD yang menurut mereka berdaya jual tinggi,  SM dan SPAO yakin di tahun 2012 nanti keuntungan mereka akan membengkak menjadi 1.000.000.000.000 won dengan 100 butik yang tersebar di seluruh korea.

Kalian sendiri yang dapat menilai apa keyakinan mereka terhadap SPAO pada tahun 2012 berlebihan? Saya rasa tidak, pada kenyataannya saat ini baik Super Junior maupun SNSD memang memiliki daya jual yang mahal dimata Dunia. Dengan semakin terkenalnya SJ & SNSD makan akan semakin populer juga nama SPAO dikhalayak masyarakat dari seluruh negeri.

 

credit by: starjunior.wp & heesica-everlastingfriend

4 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s